Jan 08
LOCAL FOOD

SAATNYA GO CASHLESS

Kamu lebih sering pegang HP atau tangan pasangan kamu?

Pertanyaan serius, kamu lebih sering pegang HP atau tangan pasangan kamu? Tentunya pertanyaan ini gak berlaku untuk para jomblo yah. Tapi beneran yah. Arti dari pertanyaan itu sebenernya sebagai pernyataan bahwa di jaman serba digital ini, penggunaan gadget dan aplikasi semakin sering dan lazim dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup semakin dimudahkan dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih.

Salah satunya adalah penggunaan cashless sebagai metode pembayaran. Metode cashless ini sudah dipakai di berbagai negara dalam kurun waktu beberapa tahun ini. Swedia adalah negara terdepan dalam penerapan cashless dalam keseharian. Mulai dari bank, toko-toko, hingga penjual kaki lima, hampir semua kalangan masyarakat tidak pernah membawa uang tunai di dompetnya.

Transisi dari pembayaran tunai ke cashless dimulai ketika kartu kredit mulai dipakai di tahun 1980-an. Begitu juga dengan penggunaan kartu debit di tahun 1990-an dan transfer melalui telfon. Seiring dengan ‘dawn of internet’, bank-bank di dunia mulai menggunakan layanan jasa mereka melalui internet yang kemudian berevolusi menjadi smartphone banking ketika iPhone pertama kali dirilis oleh Apple.  Dari situ, perlahan tapi pasti, penggunaan tunai semakin berkurang.

Pemakaian tunai selain lebih membawa resiko apalagi ketika dalam jumlah yang tidak sedikit, juga lebih ribet. Kembalian dalam bentuk receh bikin berat dompet ditambah dengan struk pembelian yang numpuk. Belum lagi kalau ternyata tunai yang dibawa tidak cukup. Perjalanan mencari ATM terdekat tentu akan memakan waktu.

Penggunaan kartu kredit atau debit mengurangi kebiasaan membawa cash. Tapi proses untuk mendapatkan kartu kredit tidaklah mudah dengan persyaratan yang lumayan banyak sehingga terkadang udah males duluan untuk apply. Ditambah ketika penggunaan, proses pembayaran yang seringkali bermasalah ketika mesin yang dipakai rusak atau lama koneksinya.

Bagi yang sudah terbiasa dengan pemakaian kartu, langkah selanjutnya adalah penggunaan mobile payment. Memulai kebiasaan yang mudah dan praktis ini pastinya akan  membuat kegiatan sehari-hari lebih efisien. Bayangkan mulai dari makan siang di kantor, ngopi-ngopi cantik hingga donasi untuk organisasi amal, semua pembayaran dapat dilakukan dari HP kamu. Tidak hanya tidak perlu bawa cash, dompet pun tidak perlu dibawa.

Nah, di jaman sekarang evolusi cashless pun sudah masuk ke era digital. Benar-benar kamu sudah tidak perlu lagi membawa apa pun! Hanya bawa HP kamu dan pastinya kamu pasti tidak akan pernah lupa bawa HP. Dompet dan kunci rumah masih sering ketinggalan. Tapi HP pasti lebih sering inget karena isinya banyak nomor-nomor penting (termasuk gebetan) yang kamu perlukan untuk berkomunikasi. Jadi kalau kamu selalu bawa HP, artinya kamu akan selalu siap dengan metode pembayaran di tangan kamu. 

True definition of cashless adalah dengan menggunakan mobile experience yang simple, easy, dan trendy. Sesuai dengan lifestyle kamu.