Mar 02
LOCAL FOOD

Keuntungan Dari Transaksi Cashless

e-wallet menjadi sistem pembayaran alternatif untuk melakukan transaksi non-tunai

 

Zaman  sekarang, transaksi tidak harus dengan uang tunai. Kita tidak perlu lagi membawa semua lembar uang ketika akan pergi belanja, karena uang tersebut sudah disimpan dalam bank atau bahkan secara elektronik.

Sistem pembayaran non-tunai atau cashless hadir dalam beragam cara. Dimulai dari kartu kredit dan debit, bank mulai menawarkan sistem pembayaran dari rekening bank melalui telepon genggam, atau mobile banking. Belakangan, juga muncul e-wallet yang juga menjadi sistem pembayaran alternatif untuk melakukan transaksi non-tunai.

Transaksi cashless sekarang sudah sangat berkembang. Menurut Business Today, Singapura merupakan negara tertinggi dalam penggunaan cashless, dengan jumlah transaksi 61%, diikuti dengan Belanda dengan jumlah 60%. Di Indonesia, walau masih kalah penggunanya saat ini, jumlah pengguna cashless meningkat pesat, contohnya dalam penggunaan e-money yang untuk pembayaran transportasi. Tahun 2015, Bank Mandiri mendapatkan pendapatan Rp. 2,5 milyar melalui penggunaan Mandiri e-money.

Mengapa pembayaran cashless begitu digemari? Ini keuntungan pembayaran cashless dibanding pembayaran tunai:

 

1. Praktis

Kepraktisan sepertinya menjadi alasan utama untuk memilih transaksi cashless. Kita tidak perlu repot-repot membawa uang yang sesuai dengan jumlah pembelian kita, dan tidak ada masalah mengenai uang kembalian yang kurang.

Praktisnya transaksi digital akan sangat membantu pada saat travelling atau dalam keadaan darurat seperti saat kita harus ke rumah sakit.

 

2. Dapat diskon

Banyak aplikasi pembayaran digital memberi penawaran diskon sebagai bentuk promosi.

 

3. Hemat karena pengeluaran yang tercatat

Semua transaksi secara digital akan tertulis. Sehingga, akan lebih mudah untuk mengawasi pengeluaran. Dengan begitu, kita jadi lebih berhati-hati dengan budgeting.

 

4. Resiko lebih rendah

Dalam penggunaan aplikasi pembayaran digital, aplikasi yang kita gunakan menggunakan password, sehingga hanya kita sendiri yang bisa mengaksesnya. bahkan, di masa depan sistem pembayaran ini akan dilengkapi dengan scan sidik jari sehingga lebih terlindungi lagi keamanannya.